Senin, 14 September 2015

Tips Ampuh Agar Anak Rajin Makan Sayur dan Buah


Sebagai orang tua tentu kita ingin memberikan yang terbaik kepada anak bukan? Yap betul sekali, salah satunya dalam hal asupan gizi yang diberikan kepada anak tersebut. Tapi pada kenyataannya ada beberapa yang sangat susah untuk memakan buah dan sayur.

Berikut ini adalah 7 tips agar anak rajin makan sayur dan buah:

Kenalkan manfaat sayur dan buah

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dengan mengenalkan manfaat sayur dan buah dengan cara yang menarik, akan membuat anak mengerti manfaatnya  dan tertarik untuk mengkonsumsi sayur dan buah.

Orang tua sebagai contoh

Pada dasarnya anak meniru periku orang tuanya. Oleh karena itu orang tua harus memberi contoh dalam mengkonsumsi sayur dan buah. Agar anak juga memiliki keinginan untuk mengkonsumsi sayur dan buah.

Penyajian yang menarik

Anak-anak sangat senang dengan sesuatu yang menarik. Ibu bisa mengkombinasikan sayur dan buah dengan menatanya dalam bentuk yang menarik pada makanan, agar anak-anak tertarik untuk mengkonsumsinya.

Pengolahan yang bervariasi

Pengolahan sayur yang bervariasi bisa dengan direbus, ditumis, atau diolah dengan dicampur dengan makanan lain. Sedangkan untuk buah bisa dilakukan dengan mengganti varian buah yang disajikan setiap harinya.

Jadikan buah sebagai cemilan sehat

Gantilah cemilan anak dengan sayur dan buah. Ketika anak-anak mengkonsumsi buah tentunya akan  lebih menyehatkan dibanding dengan mengkonsumsi makanan cepat saji.

Jangan paksa anak

Menakuti-nakuti atau memarahi anak agar makan sayur dan buah tidak akan berdampak baik pada anak. Anak hanya akan melawan dan semakin tidak mau mengkonsumsi sayur dan buah. Biarkan anak-anak memiliki kemauan sendiri dan berikan penghargaan apabila anak mau makan sayur dan buah.

Biasakan dari kecil

Membiasakan anak makan sayur dan buah bisa dilakukan sejak dini. Sejak anak mengkonsumsi makanan pendamping ASI anak sudah bisa dikenalkan dengan sayur dan buah agar ketika memasuki masa anak-anak, anak sudah terbiasa mengkonsumsi sayur dan buah.   

Semoga bermanfaat

Related Posts

Tips Ampuh Agar Anak Rajin Makan Sayur dan Buah
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Jangan ketinggalan informasi setiap postnya dengan cara berlangganan via email

Jangan lupa untuk selalu meninggalkan jejek baikmu setelah membaca :)