Senin, 14 September 2015

Tips Agar Anak Mudah Menghafal


1. Memberikan Pola Rutinitas

Memberikan jadwal makan,  tidur, bermain, belajar, dan aktivitas-aktivitas lainnya juga bisa memacu  daya ingat anak. Anak-anak lama kelamaan bisa belajar secara mandiri  apa yang  yang harus dilakukan setelah selesai melakukan suatu aktivitas.

2. Memberikan Ruang  Yang  Tepat

Berikan suasana yang kondusif bagi anak. Misalnya dengan menyediakan ruang  perpustakaan dan ruang belajar yang  terpisah  dengan ruang tamu  atau  jauh dari  suara bising, misalnya suara radio dan TV. Hal ini bisa memacu anak untuk bisa berkonsentrasi  dengan baik.

3. Belajar menggunakan semua  indra

Guru yang mengajar secara konvensional (guru mengajar, anak didik memperhatikan) adalah suatu cara yang  sudah ketinggalan jaman. Semakin banyak indra yang  digunakan pada anak untuk belajar, maka anak akan semakin mudah mengingat  sesuatu. Misalnya saat belajar tentang  magnet. Kita bisa menjelaskan dahulu  apa itu  magnet, fungsinya, dan segala sesuatu  tentang  magnet. Setelah itu kita bisa menunjukkan magnet yang  sebenarnya, dan pengaruhnya bia berdekatan dengan bermacam-macam benda. Sehingga selain belajar tentang  magnet, anak-anak juga semakin banyak  mengenal benda-benda yang  lain.

4. Mengenal  gaya belajar anak

Anak memiliki gaya belajar yang  bermacam-macam. Sebagai guru saya mengenal betul anak-anak saya. Ada yang  merasa tertarik saat saya menjelaskan sesuatu dengan cara yang konvensional,, namun ada beberapa yang tidak tertarik. Namun saat saya menggunakan media berwarna atau menggunakan lagu, beberapa anak yang  tadinya  tidak  tertarik, menjadi  tertarik untuk memperhatikan.  Macam gaya  belajar anak antara lain: auditory (mendengar), visual (melihat), kinestetik (meraba), musical (mendengar music), action (bergerak), dan masih banyak lagi. Setelah kita memahami macam-macam metode belajar anak, kita jadi  tahu bagaimana cara mengajar buah hati kita dengan sekreatif mungkin dan memberikan media-media pendukung yang  memungkinkan semua metode belajar  itu bisa digunakan. Meskipun anak lebih suka belajar secara auditory, bukan berarti mereka tidak suka belajar dengan cara visual. Karena hal  yang  menarik  bagi anak adalah sesuatu  yang baru. Sehingga variasi  cara belajar sangat   penting kita berikan pada  sang  buah hati.

Semoga bermanfaat

Related Posts

Tips Agar Anak Mudah Menghafal
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Jangan ketinggalan informasi setiap postnya dengan cara berlangganan via email

Jangan lupa untuk selalu meninggalkan jejek baikmu setelah membaca :)