Senin, 14 September 2015

Ini Penyebab Anak Sudah Besar Tapi Masih Suka Ngeces


Kesan imut dan lucu pada bayi yang air liurnya sering keluar dari mulut atau ngeces bisa hilang ketika kebiasaan tersebut terus berlanjut sampai tua.

Terkadang ada anak yang meski umurnya sudah cukup besar namun kebiasaan ngeces itu tetap masih ada. Hal ini dikatakan dokter tak wajar bila usia anak sudah di atas dua tahun.

dr Luh Wahyuni, SpKFR(K), dari Departemen Rehabilitasi Medis Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengatakan bila anak di atas dua tahun masih suka mengeluarkan air liur dari mulut, salah satu kemungkinannya adalah ada gangguan pada rahang bawah bayi.

"Bisa kemungkinan ada ototnya enggak kuat. Orang dalam semenit normalnya itu menelan ludah dua kali tapi kalau dia lemah ya jadi nggak bisa. Coba aja dites buka mulut terus nelan, bisa nggak?" kata dr Luh ketika ditemui di Hotel Grand Sahid dan ditulis pada Senin (14/9/2015).

Kemungkinan selanjutnya adalah adanya hambatan pada saluran napas. Anak yang pilek karena tak bisa bernapas lewat hidung maka ia akan gunakan mulutnya dan air liur juga jadi mudah untuk keluar.

dr Luh mengatakan pada bayi di bawah dua tahun kebiasaan ngeces ini tapi tak perlu dikhawatirkan.

"Kalau di bawah dua tahun dia ngeces bisa karena ada peralihan skill jadi misalnya dia dari enggak bisa duduk terus sekarang bisa, lalu ada pertumbuhan gigi, atau terlalu berkonsentrasi saat main jadi lupa menelan," pungkasnya.

Sumber : detik.com

Related Posts

Ini Penyebab Anak Sudah Besar Tapi Masih Suka Ngeces
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Jangan ketinggalan informasi setiap postnya dengan cara berlangganan via email

Jangan lupa untuk selalu meninggalkan jejek baikmu setelah membaca :)