Senin, 14 September 2015

Hati-hati Untuk Anak Yang Suka Edit Fotonya Sendiri


Kemajuan akan teknologi membuat para pemakai media sosial semakin meningkat. Biasanya dalam akun media sosial harus adanya foto. Foto adalah hal yang sangat mendasar agar tahu identitas dari akun medsos tersebut. Banyak orang-orang dewasa sebelum mengunggah foto biasanya melakukan editing foto terlebih dahulu. Namun mirisnya hal itu tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, tapi anak-anak pun sudah terbiasa melakukannya.

Menurut Kristy Goodwin, pakar anak dan teknologi, mengatakan pada anak, mengedit foto sebagus mungkin sebelum diunggah ke sosial media pada dasarnya demi mencari pengakuan dari luar sehingga mereka bisa mengukur 'nilai diri' mereka di mata orang lain, melalui likes atau komentar yang diterima.

Hal seperti itu, ternyata terjadi di usia yang cukup muda. Setidaknya, itulah yang ditemukan penelitian terbaru yang dilakukan AVG Technologies dan melibatkan 6.1117 orang di seluruh dunia. termasuk 335 orang dewasa dan 302 anak di Australia.

Sebanyak 41% responden remaja mengatakan senang mengedit fotonya sebelum diunggah ke sosial media karena ingin membuat foto mereka terlihat lebih lucu. Sementara, 26% responden lain mengaku ingin terlihat lebih baik dengan mengedit foto mereka. Sementara, 35% responden remaja mengatakan mereka tidak mengedit fotonya sama sekali.

"Setiap kegiatan mengedit foto demi mendapat kesempurnaan dari pihak luar memiliki konsekuensi untuk merusak citra diri dan kepercayaan diri para remaja putra dan putri," tegas Goodwin dalam siaran persnya seperti dikutip dari Essential Kids, Selasa (15/9/2015).

Menurut Goodwin, umumnya foto yang diunggah di sosial media diharapkan bisa mendapat penerimaan dari teman sebaya. Jika hal itu sudah didapat, maka remaja juga anak-anak bisa menganggap mereka telah melakukan sesuatu yang benar.

Efeknya pasti akan berbeda dibandingkan orang dewasa. Dikatakan Goodwin, orang dewasa sudah lebih memiliki banyak pengalaman dan pola pikirnya tidak terlalu memengaruhi hasil penerimaan foto yang diposting di sosial media.

"Meski kadang berusaha memposting foto yang sempurna juga bisa menyebabkan masalah pada orang dewasa, tetapi hal ini lebih rentan terjadi pada anakdan remaja. Di usia tersebut, kondisi psikologis mereka masih labil dan sedang dalam pencarian jati diri. Untuk itu, penting adanya pendampingan dari orang tua," pesan Goodwin.

Misalnya, selalu awasi penggunaan sosial media dan internet anak. Bertemanlah dengan anak di akun sosial medianya, dan yang paling penting menurut Goodwin, tanamkan pada anak bahwa setiap orang memiliki masing-masing kekurangan dan kelebihan yang sudah sepatutnya untuk disyukuri.

Semoga bermanfaat :)

Sumber : detik.com

Related Posts

Hati-hati Untuk Anak Yang Suka Edit Fotonya Sendiri
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Jangan ketinggalan informasi setiap postnya dengan cara berlangganan via email

Jangan lupa untuk selalu meninggalkan jejek baikmu setelah membaca :)