Senin, 14 September 2015

Pengen anak suka Matematika? ini 10 caranya



1. Jadilah contoh yang baik

Anak Anda tak mungkin akan menyukai matematika sampai kapan pun, jika Anda secara terang-terangan menunjukkan bahwa Anda anti matematika. Bersikaplah antusias membantunya mengerjakan PR matematika anak, agar ia termotivasi juga untuk menyukai matematika.

Jujur saja, saya tidak menyukai matematika sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Tapi demi anak, saya pun 'mengkhianati' rasa benci itu dengan menunjukkan minat (meski awalnya pura-pura) ketika ia bercerita tentang soal matematika yang berhasil dipecahkannya di sekolah.

2. Membaca buku cerita tentang matematika

Cara menyenangkan lain untuk membuat anak suka matematika adalah dengan mengajaknya membaca cerita fiksi yang mengandung unsur matematika. Saya merekomendasikan buku 30 Dongeng Matematika karya Kak Dodo dan Kak Imam, atau Pesan Rahasia Tara karya Janu Ismadi S.Pd.

3. Menonton film bergenre matematika

Beberapa film dengan tema matematika yang mungkin sudah pernah Anda tonton adalah Apollo 13, Jurassic Park, A Beautiful Mind dan The Da Vinci Code.

4. Mengajak anak membaca biografi tokoh matematika ternama

Selain membaca novel bertema matematika Anda juga dapat mengajak anak untuk membaca biografi tokoh ternama di bidang sains, misalnya Albert Einstein atau Steve Jobs.

5. Matematika dalam kehidupan nyata

Anak mungkin kurang yakin apakah matematika yang dipelajarinya bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Agar dapat lebih meyakinkan dirinya, tunjukkanlah penerapan matematika dalam kehidupan nyata, misalnya saat Anda memasak untuk keperluan sehari-hari. Anda perlu menakar beras sebelum memasak nasi agar cukup untuk semua keluarga.

6. Membiasakan anak untuk menabung

Dengan menabung anak akan belajar cara menjumlahkan bilangan dengan cepat, karena telah terbiasa menghitung uang yang diperolehnya setiap hari. Berikan sebuah celengan yang dapat dibuka dan ditutup agar ia tidak kesulitan saat hendak menghitungnya.

7. Berbelanja

Biasakanlah diri Anda untuk minta bantuan anak menghitung barang yang sebaiknya dibeli. Misalnya, berapa rupiah yang dapat kita hemat dengan membeli barang promo beli dua gratis satu?
Menghitung sebelum membeli barang bukan hanya baik untuk memperkuat kemampuan matematikanya, namun juga membangun kebiasaan berbelanja yang baik dalam jangka panjang.

8. Bermain musik

Memainkan alat musik adalah juga cara terbaik untuk mengajak anak belajar tentang matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Memainkan sebuah alat musik sama artinya dengan belajar tentang kecepatan, notasi dan ketukan, yang semuanya berhubungan dengan matematika.

9. Berlangganan majalah bertema matematika

Salah satu majalah yang saya rekomendasikan adalah majalah Kuark yang membahas mengenai sains dan matematika dalam bahasa yang cukup dimengerti anak-anak. Anda juga bisa berlangganan majalah Bobo yang setiap edisinya memuat soal-soal latihan untuk kelas 4-6 SD.

10. Berada satu level dengan anak

Sebagai orang tua, Anda sebaiknya memahami kesulitan yang anak hadapi dalam memahami matematika. Cobalah mengetahui sudut pandang anak mengenai kesulitan bermatematika yang dialaminya dengan mengerjakan tugas sekolah dan belajar bersamanya.
Anda bukan hanya akan dapat meningkatkan rasa percaya diri anak untuk menyelesaikan tugas matematikanya dengan baik, namun juga akan mempelajari sesuatu yang menarik bersama anak. Bisa jadi sebuah topik yang tidak Anda mengerti saat Anda sekolah dan kini Anda baru saja memahaminya setelah belajar bersama anak.

Semoga bermanfaat :)

Related Posts

Pengen anak suka Matematika? ini 10 caranya
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Jangan ketinggalan informasi setiap postnya dengan cara berlangganan via email

Jangan lupa untuk selalu meninggalkan jejek baikmu setelah membaca :)